Beberapa Manfaat Dari Membaca Buku

20.11

Gue adalah tipe yang bakal menyesal kalo harus ngabisin uang 200 ribu buat bayar makan, tapi belom puas jika baru ngeluarin dua kali lipat dari jumlah uang tersebut buat membeli buku. Yes, I do love books.

Buku yang sudah gue baca selama ini jumlahnya puluhan. Lima judul lagi bakal nyampe seratus. Penulis yang gue baca novelnya pun banyak sekali, mulai dari novel penulis lokal kayak Raditya Dika, Eka Kurniawan, Bernard Batubara dan masih banyak lagi. Gue juga membaca beberapa novel karya penulis luar, seperti Trilogi Hunger Games karya Suzzane Collins, dan tulisan Emma Chase dalam novelnya, Tangled.

Selain novel, gue juga membaca jenis buku lain seperti nonfiksi, buku tutorial, motivasi, dan yang paling gue suka adalah, biografi. Menurut gue pribadi, biografi lebih seru dibanding novel. Karena pada dasarnya cerita di dalam biografi memang benar terjadi (real). Selain itu, membaca keteguhan si penulis turut memberi efek seru yang enggak dirasakan dari membaca novel.

Karena kecintaan gue pada membaca, banyak pertanyaan yang dilayangkan oleh orang sekitar kepada gue, seperti “buat apa buang-buang waktu baca buku?”, “kenapa duitnya gak dipake buat beli yang lain aja?”. Sampe-sampe, gue dijudge karena hobi gue, “pasti jomblo, ya. Baca buku pas malem minggu.” Dan sialnya, itu benar.

Buat yang selalu menanyakan apa manfaat dari membaca buku, gue akan menjabarkan Beberapa Manfaat Dari Membaca Buku versi gue:

1. Hiburan
Sama seperti dengerin lagu, nonton film barat maupun film bokep, membaca juga masuk ke dalam kategori hiburan. Namun gue pribadi menganggap membaca buku adalah hiburan yang lebih berkelas, karena kita dipaksa memakai lebih dari satu indra saat membaca.

Kebanyakan novel seperti ini adalah yang bergenre horror. Karena saat takut, indra gue akan berfungsi lebih optimal.


2. Lebih Romantis
Cewek suka banget sama cowok yang romantis. Ditambah lagi kalo cowok cowok itu kaya. Nah, banyak banget novel bergenre romance yang dijual di toko buku. Percayalah, kalo tingkat ke-romantisan elo akan bertambah tiap kali selesai membaca satu judul.

Tetapi, novel cinta sangat tidak dianjurkan buat mereka yang men-jomblo. Karena akan menimbulkan tekanan batin yang berat, membuat kejang di bagian hati, dan endingnya bunuh diri.


3. Semakin Dewasa
Gue enggak tahu apa yang satu ini benar. Tapi banyak banget website yang menyebut bahwa membaca buku dapat membuat kita jadi lebih dewasa. Katanya, setiap kalimat yang dibaca dapat semakin memberi pemahaman lebih kepada diri kita.

Namun yang jelas, manfaat satu ini enggak pengaruh ke gue. Buktinya gue masih suka nonton Power Rangers hari Minggu pagi, ditambah film Barbie kalo siangnya gue enggak kemana-mana.


4. Membuat Cewek Terpesona
Gue percaya bahwa kegantengan para laki akan bertambah 200% di mata cewek ketika sedang membaca buku. Makanya, usahakan selalu membaca buku tiap kali ada cewek yang lewat. Siapa tahu dia akan menganggap elo keren dari buku yang lo baca. Tapi awas, jangan baca buku kayak Doraemon atau Shincan kalo kepengen kelihatan keren.


Sekian Beberapa Manfaat Dari Membaca Buku menurut gue. Ayo bagikan manfaat lainnya menurut kalian di comment box!

You Might Also Like

3 Komentar

  1. Satu lagi nih bro, membaca bikin waktu lu gak kebuang percuma ;)

    BalasHapus
  2. tepok ganas gan!
    setubuh *eh* setuju banget, gak ada yang pernah sia-sia sama buku, sekalipun itu karangan anak SD

    BalasHapus
  3. saya juga suka baca buku dari dulu, zaman masih SD,,, sekarang sih sukanya novel kalau baca selain novel suka cepet ngantuk, hahah
    yang terakhir saya setuju, lelaki akan nambah kegantengannya kalau lagi baca buku, kesannya dia berwawasan luas gitu tapi, dilihat dulu buku apa yang dibaca,, komik gak termasuk ya,, kesannya itu malah kekanakan di mata saya,, ups,, :D

    BalasHapus

Mari berkomentar agar hati senang

Subscribe