Lomba-Lomba yang Selalu Ada Saat 17-an

17.59


Enam puluh sembilan tahun yang lalu, Bung Karno membacakan teks proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta. Dengan dibacakannya teks tersebut, Indonesia resmi terbebas sudah dari penjajahan Jepang dan dapat merdeka setelah sekian lama "diperkosa" bangsa lain.

Kemerdekaan ini disambut gembira oleh seluruh rakyat Indonesia, dan kita menetapkan tanggal 17 Agustus tiap tahunnya sebagai hari kemerdekaan.

Yang namanya kemerdekaan itu identik dengan upacara bendera. Setiap jam tujuh pagi tanggal 17 Agustus, seluruh siswa akan melakukan upacara bendera di sekolahnya masing-masing. Setelah itu, mereka langsung pulang dan tidak belajar lagi. Asyik, kan? Asyik. Tapi tahun ini kenanya di hari Minggu. Jadi, tidak ada hari libur minggu ini... Asyik, kan? Tai.


Disamping itu, ada juga lomba-lomba yang diadakan di sekolah ataupun di kampung masing-masing demi memeriahkan kemerdekaan, diantara lain:

1. Panjat Pinang
Bermacam-macam hadiah tergantung diatas tiang, mulai dari kipas angin, hp, tv, sampe kulkas dan mungkin sebentar lagi akan ada mobil yang juga digantung di atas. Siapa yang gak pengen?

Untuk mendapatkannya, beberapa kelompok akan berlomba memanjat tiang supaya dapat mencapai puncak lebih dulu. Anggota kelompok tersebut akan saling menggendong supaya yang paling atas dapat menggapai hadiahnya. Meskipun terdengar mudah, tapi jangan sampai jatuh, karena dibawah biasanya sudah disiapkan lumpur yang disediakan oleh panitia lomba. Karena jika jatuh, badan kita akan menghantam dan langsung dikotori oleh lumpur tersebut. Tidak jarang, lumpur tersebut ditambah beberapa macam jenis eek binatang agar memperkuat cita rasa di dalamnya.


2. Tarik Tambang
Lomba yang selalu ada saat perayaan 17-an. Dua kelompok yang berkisar antara 5-10 orang akan beradu menarik tali tambang. Siapa yang dapat menarik tali lebih dulu hingga garis yang ditentukan akan ditetapkan sebagai pemenangnya. 

Kelemahan dari lomba ini adalah hadiahnya lebih kecil dibandingkan hadiah lomba-lomba lain. Jika pemenang panjat pinang bisa mendapatkan tv, pemenang tarik tambang palingan hanya diberikan uang tunai yang jumlahnya sedikit, atau malah cuma diberikan sesegalon kue kering jika ternyata bu RT korupsi, dan hadiah tersebut masih harus dibagi rata tiap anggota kelompok.

3. Makan Kerupuk
Lomba yang paling gue suka dari semua lomba lain adalah MAKAN. Kerupuk. Setiap peserta akan adu cepat memakan sebuah kerupuk yang digantung dengan tali tanpa boleh menyentuhnya sedikitpun. Yang paling cepat menghabiskannya, dia yang menang.

Tips dari gue supaya cepat makan kerupuk, beli-lah nasi padang terlebih dahulu dan bawa ke lokasi lomba. Saat makan kerupuk, barengi dengan makan nasi padang. Pasti lebih cepat habis. Malah kerupuknya kurang.

Sekian Lomba-Lomba yang Selalu Ada Saat 17-an menurut gue. Kalo di tempat lo, ada lomba apa?

You Might Also Like

2 Komentar

  1. lomba masukin jin kedalam botol hahaha Xd

    BalasHapus
  2. balap karung, kelereng, banyak kok lomba-lomba lainnya :D

    BalasHapus

Mari berkomentar agar hati senang

Subscribe