Beberapa Hal yang Gue Pelajari dari Game GTA

19.18


Grand Theft Auto. Siapa yang enggak kenal dengan game gila satu ini. Satu-satunya game dimana didalamnya dapat terjadi tembak-tembakan maut antara dua nenek-nenek, atau dimana kecepatan sepeda dapat mengejar kereta yang sedang melaju. Namanya juga game gila.

Game ini mendapat apresiasi besar dari gue, karena disaat game-game lain berlomba untuk menanamkan pesan moral seperti dengan harus membantu teman, jangan pernah menyerah dan hal-hal baik lainnya, game ini malah mengajarkan pemain untuk mencuri mobil sahabatnya. Oke, ini memang jahat. 

Dan karena terlalu banyak mengajarkan sisi negatif seseorang, game ini mendapat banyak sekali kritikan dari orang-orang di seluruh dunia, terutama oleh orang yang tidak pernah memainkan game ini. Walaupun begitu, game ini berhasil menjelma menjadi game terlaris di dunia dengan pembelian hingga puluhan juta kopi. Wow, satu lagi contoh nyata bahwa walaupun dibenci banyak orang, game ini tetap dapat terus berkembang dan menjadi yang terbaik.


Setelah setia memainkan beberapa sekual game ini hingga versi terakhir "Grand Theft Auto V" hingga tamat, gue mendapatkan banyak sekali hal yang dapat gue ambil, seperti:

1. Semua Orang Tidak Pernah Mengunci Kendaraanya
Hal pertama yang gue pelajari ketika baru bermain Grand Theft Auto adalah para pemilik mobil tidak pernah mengunci mobilnya ketika sedang mengemudi. Mungkin dikarenakan rasa nasionalisme yang tinggi, mereka percaya bahwa semenjak merdeka tidak akan ada lagi yang berani menjajah mereka, padahal pencurian berbeda dengan penjajahan.


2. Tidur Dapat Menyembuhkan Luka Tembakan
Setelah saling lempar peluru dengan polisi ataupun dengan gangster lokal, darah karakter gue pasti sekarat. Lantas kemanakah gue setelah itu? Ke rumah sakit? Bukan. Gue ke rumah, lalu tidur. Setelah tidur, karakter gue bangun dengan sehat kembali. Bercak darah yang ada di baju hilang tak bernoda. Mungkin ada pembantu yang menggantikan pakaian karakter gue ketika sedang tertidur.

Game GTA mencerminkan bahwa tidur adalah hal yang sangat penting untuk tubuh kita. Dengan tidur, kita diharapkan dapat mengembalikan kondisi badan. Makanya, mari kita larang ibu kita untuk membangunkan kita pagi-pagi.


3. Kita Harus Saling Memaafkan
Sekali lagi gue dibuat terpukau karena game ini meninggalkan pesan yang sangat berharga untuk para pemainnya, yaitu saling memaafkan. Pesan ini terbukti ketika karakter gue baru saja mencuri pesawat jet atau membunuh beberapa orang. Setelah melakukan aksi tersebut, karakter gue ditetapkan sebagai buronan dan diburu oleh banyak polisi. Tapi perlahan ketika gue hilang dari pandangan polisi, maka status buron gue pun juga ikut hilang dan gue dapat kembali ke tempat pembunuhan tadi tanpa ada rasa takut sedikitpun.

Game ini saja bisa mengajarkan kita untuk saling memaafkan, masa kamu masih belom bisa memaafkan pacarmu yang ketahuan selingkuh?

Sekian hal yang bisa gue dapat dari bermain game ini. Mengesampingkan kekerasan yang ada dalam game Grand Theft Auto, cobalah untuk menikmatinya karena kita dapat melakukan banyak hal di dalam game yang tidak dapat dilakukan di dunia nyata.

Kalo kalian, apa yang didapat dari main game GTA?

You Might Also Like

3 Komentar

  1. Adek saya suka main GTA, haha... tapi GTA Indonesia :D

    BalasHapus
  2. Walaupun darah karakter gua sekarat gara" kena tembak polisi ataupun gangster lain. Tapi karakter gua masih bisa jalan, ngendarain mobil, bahkan ngendarain pesawat jet dengan normal dan sempurna :'V

    BalasHapus

Mari berkomentar agar hati senang

Subscribe